SELAMAT DATANG DI BLOGSITE RESMI PUK FSPMI PT AISIN INDONESIA

Senin, 08 Oktober 2012

PelitaOnline.com..Rakyat Indonesia, Tolak Kenaikan Tarif Dasar Listrik!

PelitaOnline.com

Rakyat Indonesia, Tolak Kenaikan Tarif Dasar Listrik!

Kenaikan TDL ini untuk menutupi kesalahan pemerintah mengurus PLN. Ini diperjelas dengan laporan BPK yang menyebutkan bahwa akibat kesalahan itu uang rakyat lenyap sebesar Rp 37,5 triliun.

Minggu, 7 Oktober 2012 14:25 almax/yas|
Jakarta, POL
PEMERINTAH berencana mencabut subsidi listrik dan akan menaikan tarif dasar listrik (TDL) hingga 15 persen pada Januari 2013. Namun rencana tersebut banyak menuai protes dan penolakan, salah satunya dari PDI Perjuangan.

"Kami butuh dukungan seluruh rakyat untuk menolak pencabutan subsidi listrik. Melihat komposisi terakhir fraksi-fraksi, apabila terjadi voting di Paripurna DPR, pasti rakyat akan dikalahkan. Subsidi listrik dicabut," kata politisi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka di Jakarta, Minggu (7/10).

Menurutnya, dari rencana pemerintah menaikkan TDL sebesar 15 persen dan dilakukan per tiga bulan, pemerintah akan mendapatkan uang dari rakyat sebesar Rp 14,89 triliun.

Padahal, kenaikan TDL tersebut dikatakan Rieke, untuk menutupi kesalahan pemerintah dalam mengurus PLN. Bahkan laporan Badan Pemeriksa Keuangan pada September 2011 menyebutkan bahwa akibat kesalahan itu uang rakyat lenyap sebesar Rp 37,5 triliun.

"Tidak adil bagi rakyat, pemerintah salah urus PLN, rakyat yang menanggung,“ tegasnya.

Rieke memaparkan, keputusan pencabutan Subsidi Listrik atau kenaikan TDL itu akan diambil di Sidang Paripurna DPR pada 18 Oktober atau 23 Oktober 2012. Keputusan tersebut melalui pengesahan RUU APBN 2013.

"Apabila subsidi listrik disepakati dicabut, tarif listrik pasti naik, ongkos produksi naik, ongkos, dan harga-harga pasti naik," jelasnya.

Oleh karenanya, ia menegaskan kesepakatan pencabutan subsidi listrik bukan hanya mengakibatkan listrik naik, tapi juga menyebabkan seluruh harga-harga akan naik. Dampaknya pun rakyat makin tercekik, sehingga pencabutan subsidi listrik harus ditolak.

"Tolak pencabutan subsidi listrik. Tolak kebaikan tarif listrik. Siapapun yang cinta rakyat Indonesia, tolak kenaikan tarif listrik," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar